1.
PENDAHULUAN
Manajemen
tidak akan pernah lepas dari kegiatan manusia atau kelompok. Dalam sebuah
organisasi, komunitas, kelompok, lembaga resmi, pemerintahan, lembaga
pendidikan pasti membutuhkan sebuah manajemen yang bagus untuk mengatur semua
aktivitas agar tersusun dan berjalan secara sistematis.
Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa
Italia (1561) maneggiare yang berarti
"mengendalikan," terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang
berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan". Bahasa
Prancis lalu
mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
Manajemen membutuhkan sarana (tools) yang dikenal dengan 6 M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan
markets. Sebelum membahas lebih dalam
akan lebih baik jika mengetahui sedikit ulasan menganai sejarah manajemen,
pengertian manajemen, fungsiny dan hal itu mencakup ke konsep-konsep manajemen
sebagai pembahasan kita.
2.
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
Manajemen
Sebelum
abad ke-20, terjadi 2 peristiwa penting dalam ilmu manajemen.
Peristiwa pertama terjadi pad atahun 1776, ketika Adam Smith menerbitkan sebuah
doktrin ekonomi klasik, The Wealth of Nation. Dalam bukunya itu, ia
mengemukakan keunggulan ekonomis yg akan diperoleh organisasi dari
pembagian kerja (division of labor), yaitu perincian pekerjaan ke dalam
tugas-tugas yg spesifik & berulang. Dengan menggunakan industri pabrik
peniti sbg contoh, Smith mengatakan bahwa dgn sepuluh orang perusahaan peniti
dapat menghasilkan kurang lebih 48.000 peniti dalam sehari. Akan tetapi, jika
setiap orang bekerja sendiri menyelesaikan tiap-tiap bagian pekerjaan, sudah
sangat hebat bila mereka mampu menghasilkan sepuluh peniti sehari. Smith
menyimpulkan bahwa pembagian kerja dapat meningkatkan produktivitas dgn meningkatnya keterampilan &
kecekatan tiap-tiap pekerja,menghemat waktu yang terbuang dalam pergantian tugas,
& menciptakan mesin &
penemuan lain yg dpt menghemat tenaga kerja.
Continue reading Sejarah Management