Berita Seputar Otak. Memori, Harta Paling Berharga

Simak Terus Artikel Ini untuk mengetahui Makanan Yang Baik untuk Otak

Penting : "Berdasarkan hasi penelitian, polusi udara menurunkan aktivitas kerja otak, karena karbondioksida (CO2) menghambat pengikatan ksigen (O2) dalam darah ke otak.

     Jika sel-sel lain dalam tubuh dapat membelah diri atau bertambah jumlahnya, hal tersebut tidak berlaku pada 100 miliar neuron di dalam otak manusia. Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi.neuron ini akan menurun seiring perambahan usia. di saat seseorang mencapai usia 65 hingga 70 tahun maka ia sudah kehilangan 20 persen dari keseluruhan jumlah neuron. penyusutan jumlah dan melemahnya fungsi neuron dalam mengantarkan transmisi listrik merupakan salah satu faktor alamiah kemunduran memori.

TEKNOLOGI (TAK SELALU)
MEMUDAHKAN?
   kemajuan teknologi informasi selain memudahkan bagi manusia ternyata memberikan efek lain, salah satunya kemunduran memori. hal ini tidak hanya menyerang mereka yang lanjut usia, tetapi juga mereka yang masih tergolong muda.
    Menurut Nerolog DR. Adre Mayza, Sp. S (K), proses perekaman informasi dalam memori itu cukup sederhana.. informasi diterima oleh mata karena adanya gelombang cahaya yang ditangkap oleh sel-sel di mata yang kemudian diubah menjadi energi listrik yang merangsang listrik-listrik diotak. Rangsangan ini membawa jenis-jenis rekaman yang akhirnyatersimpan di suatu tempat yang dinamakan MEMORI.
   Setiap Proses belajar meninggalkan jejak-jejak dalam otak yang mengendap di dalam memori dan menunggu untuk dipanggil kembali, proses ini disebut Retrieval.

GANGGUAN MEMORI 
     Mengapa manusia sering lupa? proses lupa yang dialami oleh seseorang terjadi akibat kegagalan dalam memanggil kembali informasi yang sudah tersimpan dalam memori. sebenarnya lupa itu normal gan :) , namun demikian ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kebiasaan mudah lupa menjadi abnormal (patologis) Biasanya lupa sering melanda lansia penyebabnya ialah penurunan fungsi memori (Dimensia) karena seseorang yang sudah lansia tidak lagi dapat menyimpan memori.
     Lalu, bagaimana jika kasus yang terjadi adalah di umur yang masih muda namun sering sekali lupa terhadap hal-hal yang bersifat rutin? " untuk kasus seperti ini, perlu dilakukan penelitian lebih lajut tentang kemungkinan terjadinya gangguan memori yang masuk dalam kategori pradimensia," lanjut Adre.
MAKANAN UNTUK OTAK”
Memaksimalkan Fungsi Memori juga bisa dilakukan dari dalam, maksudnya adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh serta otak kita. “Biasakan meminum segelas susu tinggi kalsium sebelum tidur, kebiasaan ini baik untuk anda yang sudah memasuki lansia,” selain mengonsumsi telur, kacang-kacangan, buah berry seperti strawberry, cherry, blueberry sayuranberwarna, dan daging sapi tanpa lemak.
MANAJEMEN MEMORI

permasalahan saat ini, begitu banyaknya informasi membuat orang ingin memasukkan semuanya ke memori. overload informasi memberikan pengaruh tersendiri terhadap memori dalam merekam informasi. krisis memori ini bgitu penelitia menyebutkan mulai menyerang siapa saja bahkan anak muda di usia 20an. kompetitif lingkungan pekerjaan memberi tekanan hingga stress berlebihan.  "tapi krisis memori ini bisa dihambat dengan penerapan elaborative rehearsal, yaitu mengaitkan informasi baru dengan membuat cerita. rangkaian data mentah  yang anda terima menjadi cerita utuh, lalu ceritakan kembali dengan benar. dengan latihan ini, diharapkan kemungkinan untuk lupa akan semakin kecil.



“MAKANAN UNTUK OTAK”
Memaksimalkan Fungsi Memori juga bisa dilakukan dari dalam, maksudnya adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh serta otak kita. “Biasakan meminum segelas susu tinggi kalsium sebelum tidur, kebiasaan ini baik untuk anda yang sudah memasuki lansia,” selain mengonsumsi telur, kacang-kacangan, buah berry seperti strawberry, cherry, blueberry sayuranberwarna, dan daging sapi tanpa lemak.



0 comments:

Posting Komentar